Skip to main content

Review Drama Korea : Life On Mars (2018) || Ini Mimpi ataukah Kenyataan? \\ Drama Action Seru!

LIFE ON MARS (2018) -- KOREAN DRAMA 

Life On Mars : SINOPSIS


This drama based upon the original series produced for the BBC by Kudos Film and Television, distributed by BBC Studios

Cast :
(Police Squad) as main cast
Jung Kyung Ho as Han Tae Joo (2018)
Park Sung Woong as Capt Kang Dong Cheol (1988)
Go Asung as Yoon Na Yeong (1988)
Oh Dae Hwan as Lee Young Gi (1988)
Noh Jong Hyun as Jo Nam Sik (1988)
Jun Hye Bin as Jeong Seo Hyun (Prosecutor and ex girlfriend of Tae Joo) (2018)


- Sinopsis singkat versi saya : Diceritakan bahwa Han Tae Joo yang merupakan seorang polisi dan juga orang laboratorium yang tinggal di tahun 2018 melakukan time travel ke tahun 1988 di mana itu adalah awal mula tahun dari pembunuhan berantai yang terjadi sampai tahun 2018. Time travel tersebut terjadi setelah ia ditembak oleh kaki tangan pembunuh berantai yang tidak diketahui wajahnya, saat itu ia sedang melakukan pengejaran dengan terduga tersangka penculikan Jaksa Seo Hyun bernama Kim Min Seok.

- Sinopsis lebih terperinci dari grup drama korea telegram : Life On Mars on Telegram

Sinopsis Drama Korea Life on Mars

Han Tae-Joo (Jung Kyoung-Ho) sekarang ini sedang memimpin tim investigasi kejahatan dan kriminal. Dalam karirnya, Tae Ho sudah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tae Ho mempunyai prinsip untuk lebih mempercayai data daripada orang lain.

Saat Tae Ho sedang menyelidiki kasus pembunuhan berantai, dia mengalami kecelakaan. Dan saat Han Tae-Joo bangun dari koma-nya, dia menemukan dirinya yang sedang berada di musim dingin di tahun 1987. Tentu saja ia sangat bingung, dan tak tahu mengapa ia sekarang malah menjadi seorang detektif yang ditunjuk untuk bekerja di sebuah kantor polisi di sebuah kota kecil.

Agar Tae Ho bisa kembali ke jamannya / tahun sekarang, Han Tae-Joo berusaha untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang ia kerjakan di tahun 1987.

(Saat Tae Joon bekerja)
(Saat Tae Joon akan ditembak oleh kaki tangan pembunuh berantai)
(Setelah Tae Jon ditembak, seseorang menabraknya)
(Saat Tae Joon berada di tahun 1988)


Life On Mars : SETTING & PLOT

Drama ini benar-benar berkualitas abis! Dari sisi latar belakang tahun 1988 benar-benar dibuat sangat apik dan niat karena saat saya menontonnya seperti berada dan merasakan atmoshphere nuansa era 80-an. Bisa dilihat dari kedatangan awal Tae Joo ke tahun 1988 di mana ia mengalami kecelakan mobil bersama calon Kaptennya. Bener-bener keliatan jadul banget, mulai dari truk, mobil, bahkan orang-orangnya pun terlihat bahwa itu benar-benar bukan tahun 2018 di mana Tae Joo hidup. Efek tone atau pemilihan warna efek juga mempengaruhi segi kualitas video tahun 1988. 

Plot yang disuguhkan juga tidak kalah menarik karena banyak cerita yang tidak tertebak dan membuat penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. Saya kasih contoh deh tapi agak spoiler nih 
*SPOILER ALERT* -- Ayah Tae Joo ditangkap karena pencarian bos Lotre tetapi ia dilepaskan karena tidak ada bukti dan ia tidak menunjukkan sikap yang membuat curiga. Namun pada akhirnya, ialah bos Lotre atau tempat perjudian yang sebenarnya. -- Masih banyak adegan yang benar-benar di twist dalam drama ini.

Menariknya, Tae Joo sewaktu time travel hanya kaget karena ia bingung apakah ini ilusi atau kenyataan dan langsung bisa beradaptasi dengan keadaan tahun 1988 di mana untuk memecahkan kasus tanpa teknologi yang bagus seperti tahun 2018 itu sangatlah sulit. Setelah bertemu dengan 4 orang yaitu Kapten Kang, Yoon, Nam Sik dan Yong Gi, Tae Joon mengalami round character atau perubahan karakter yang tadinya selalu murung dan mengabaikan orang lain menjadi orang yang mulai peduli dengan sekitar. Sepertinya ia belajar banyak dengan squad ini sampai-sampai ia tidak ingin lagi meninggalkan tempat tersebut. 

Oh iya, ternyata ada kisah dibalik time travel-nya. Saat time travel ke tahun 1988, ia mengalami koma di dunia nyata sehingga di sepanjang drama ini akan ada adegan tentang Tae Joo yang mendengar dokter yang merawatnya. Dokternya curiga bahwa Tae Joo sedang melakukan perjalanan alam bawah sadar karena ia memiliki trauma di masa kecil. Ah pokoknya menarik buat ditonton deh ㅠㅠ.

(Saat dokter memasuki alam bawah sadar Tae Joo)



 

Life On Mars : BROMANCE

Untuk masalah bromance ini sudah ditampilkan sejak awal Tae Joo datang hingga pergi hingga datang lagi, ngerti nggak? Kalau mau ngerti makanya nonton ya hahahaha!^^. Intinya, bromance antara Kapten Kang dan Tae Joo yang paling terlihat dan menarik. Kenapa? Alasan saya karena Kapten Kang ini usil sedangkan Tae Joo orangnya kalem, mukanya kaya masa depan suram, dan lemah. Makanya di sini terlihat seperti Kapten Kang yang selalu mencairkan suasana walaupun ujung-ujungnya adu tinju ㅇㅇ. Tau kan gimana serunya kalo extrovert disatuin sama introvert? Bakalan ambyar wkwkwkwk

(Ketika kapten Kang belum mengenal Tae Joo dan mengajaknya berkelahi)



Life On Mars : ROMANCE

Jika menilik ke arah romance antara dua wanita di drama ini dengan Tae Joo (Yoon di 1988 dan Hyun di 2018), saya lebih merasa bahwa Tae Joo memiliki perasaan tersembunyi dengan Yoon. Di dalam episode 1, Tae Joon mengatakan bahwa ia putus dengan Hyun dengan alasan bahwa Hyun orang yang egois. Sedangkan karakter dari Yoon berbalik dengan Hyun, ia memiliki sifat pemalu, legowo, dan berbakat. Saya merasa bahwa Tae Joon merasa 'klop' dengan Yoon. Ia tidak mengabaikan Yoon saat ia bicara dengannya. Di akhir pun ia terlihat tersenyum bersama dengan Yoon.



Life On Mars : ENDING


Saya sempat dibuat kaget dengan ending dan dibuat bertanya-tanya karenanya. Ada dua pertanyaan yang muncul di benak saya saat menonton bagian ini, yaitu apakah Tae Joo masih hidup di dunia nyata dengan keadaan koma ataukah sudah mati? Perasaan saya berpendapat bahwa Tae Joon mati di dunia nyata karena ia akhirnya kembali lagi ke masa 1988 (atau mungkin itu alam bawah sadarnya?) dan bertemu lagi dengan ke-4 koleganya itu di mana kalau kembali ke masa 2018 mereka sudah meninggal karena perkelahian gangster. Ia juga menyatakan bahwa ia tidak akan pergi lagi dan menetap bersama yang lainnya. Dikatakan juga oleh dokter bahwa dunia yang nyata itu adalah dunia di mana Tae Joo bisa tersenyum di dalamnya :"(. Ughh agak sedih juga bagian sini.

(Ketika Tae Joo pulang bersama Yoon)
(Bagian ending, setelah Tae Joo memilih untuk menetap di 1988)
(Bernyanyi bersama 5 squad walaupun masih malu-malu)

OVERALL

Story : 10
Acting : 10
Plot : 10
Rating : 10

THIS DRAMA IS WORTH TO WATCH BABE!





Jakarta, 18 Mei 2020


5.17 PM


Mbak Sh.

(Menerima kritik dan saran di kolom komentar)

Comments

Popular posts from this blog

Sleeping With Sirens - Blood Lines // LYRICS | LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA

 Sleeping With Sirens - Blood Lines // LYRICS | LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA >  Credit for lyrics:  Gemma > Klik untuk mendengarkan  SLEEPING WITH SIRENS - Blood Lines What’s it like to be all alone? Bagaimana rasanya sendirian? All by yourself in a broken home Sendirian di keluarga yang hancur Try not to be like mom and dad Mencoba untuk tidak sama seperti ibu dan ayah Realize you’re just fucked like them Menyadari kamu sama kacaunya dengan mereka Are we bound to lose? Apakah kita siap untuk kehilangan? Maybe we just don’t get to choose Mungkin kita hanya tidak dapat memilih Is it in our DNA? Apakah itu ada di DNA kita? Was I just born this way? Apa aku memang terlahir seperti ini? [1]   I am not the one Aku bukan satu-satunya I’m just another bastard son Aku hanya anak haram lainnya No matter what I do Tidak peduli apa yang aku lakukan You will never ever be like me Kamu tidak akan pernah sama seperti aku And I will never be like you Dan aku tidak akan pernah sepertimu   Why do I

Alll Time Low - Missing You | Lyrics || LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA

ALL TIME LOW - MISSING YOU // LYRICS | LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA >Lirik diambil dari deskripsi Youtube Hopeless Records > Klik untuk mendengarkan  All Time Low - Missing You I heard that you've been, Aku dengar bahwa kamu telah, self-medicating in the quiet of your room, meditasi diri di ruangmu yang sepi, your sweet, suburban tomb, makammu yang manis, di pinggiran kota, but if you need a friend, tapi apabila kamu butuh seorang teman I'll help you stitch up your wounds, Aku akan membantu menjahit lukamu,   [1] I heard that you've been, Aku dengar bahwa kamu telah, having some trouble finding your place in the world, punya kesulitan menemukan tempatmu di dunia I know how much that hurts, Aku tahu seberapa sakitnya, and if you need a friend, dan apabila kamu butuh seorang teman, then please just say the word… lalu tolong katakan…   [2] You've come this far, Kamu telah datang sejauh ini, you're all cleaned up,

Asking Alexandria - Here I Am | Lyrics || LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA

Asking Alexandria - Here I Am // LYRICS | LIRIK TERJEMAHAN INDONESIA > Lirik diambil dari deskripsi Youtube Sumerian Records > Klik untuk mendengarkan  Asking Alexandria - Here I Am I'm unashamed of my mistakes Aku tak akan malu akan kesalahanku I walked the path I had to take Aku berjalan di jalan yang aku ambil It's made me who I am today Itulah yang membuat diriku hari ini This reign of hate is done We're gonna take this over now And we've only just begun Kita akan mengakhiri ini sekarang dan kita baru memulai   [1] Here I am Inilah aku This is all of me Inilah diriku I'm not hiding Aku tak bersembunyi I'm standing tall for all to see Aku berdiri tegak agar semua melihat Here I am Inilah aku There is nothing bigger  Tidak ada yang lebih besar Nothing brighter than a future I see  Tidak ada yang lebih terang daripada masa depan yang kulihat So if you find it hard to breathe You can put your faith in me  Jadi jika kamu susah untuk bernapas Kamu bisa yakin